Apa itu core dan thread pada processor komputer?

π—˜π—₯π—ͺπ—œπ—‘π——π—₯π—’π—œπ——.𝗰𝗼𝗺 Membahas antara core dan thread yang terdapat dalam sebuah processor atau otak CPU dari sebuah komputer adalah hal paling mendasar untuk mempelajari perangkat keras yang ada dalam sebuah komputer.

Apa itu core dan apa itu thread?

Core

Adalah inti utama dari sebuah chip yang ada dalam sebuah komputer, atau bahasa sederhananya sebagai leader yang memimpin semua komponen perangkat keras (hardware) yang ada dalam sebuah komputer untuk memerintahkan semua perangkat keras agar bisa berjalan sesuai dengan yang diperintahkan oleh user (pengguna).

Thread

Adalah pembantu atau bahasa sederhananya sebagai asisten leader yang membantu meneruskan pesan yang diberikan leader ke perangkat keras yang ada agar bisa tersampaikan maksud dan tujuan dengan baik.

Kesimpulannya

Semakin banyak thread (asisten core) dalam membantu core (leader) untuk bisa menyampaikan pesan ke semua perangkat keras maka komputer akan dapat bekerja lebih cepat dalam menyelesaikan persoalan karena dapat meneruskan pesan kebanyak arah dengan lebih cepat.

Sebaliknya semakin banyak core (leader) yang memerintah semua perangkat keras maka jumlah thread (asisten core) juga ikut bertambah sehingga komputer bisa dapat menjawab persoalan dengan cepat yang diberikan user.

Sampai disini paham?

Oke biar anda lebih paham kita analogikan seperti ini.

Anggap saja pengguna komputer (user) adalah 'PRESIDEN' yang memimpin sebuah negara agar perintah dari presiden bisa tersampaikan dengan baik.

Sedangkan CORE anggap saja sebagai MENTERI yang membantu PRESIDEN untuk menyelesaikan persoalan yang diberikan oleh PRESIDEN sesuai dengan bidangnya masing-masing.

dan THREAD anggap saja sebagai bawahan MENTERI atau staf dari masing-masing MENTERI yang sudah diberikan tugasnya masing-masing oleh PRESIDEN agar bisa membantu CORE untuk menyampaikan pesan sesuai dengan bidangnya masing-masing. 

erwin.robertz Jungle Juices Jungle Juice.

0 Response to "Apa itu core dan thread pada processor komputer? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel