Apa itu FPS dan seberapa besar pengaruhnya dalam sebuah video game?

𝗘𝗥𝗪𝗜𝗡𝗗𝗥𝗢𝗜𝗗.𝗰𝗼𝗺 Frame Rates Per Second atau biasa disingkat dengan sebutan FPS adalah satuan kualitas gambar yang dihasilkan secara perdetik dalam sebuah peningkatan grafik yang di implementasikan ke sebuah gambar video baik itu digunakan untuk keperluan video game maupun dunia perfilman.

Seberapa besar pengaruh FPS? 

Lantas, seberapa besar sih? Pengaruh FPS dalam sebuah game yang sedang kalian mainkan? 

Untuk mengetahui hal tersebut kami akan menjelaskan mengenai pertanyaan yang mungkin juga pernah anda bertanya kepada teman sebaya anda mengenai pengaruh FPS dalam sebuah game.

Pengaruh FPS terhadap sebuah game itu sangat penting karena peran FPS itu sendiri membuat game menjadi lebih realistik seiring dengan bertambahnya jumlah FPS yang dihasilkan oleh sebuah video game.

Semakin tinggi jumlah FPS yang didapatkan maka semakin bagus pula tampilan gambar yang dihasilkan oleh sebuah game yang mendukung fitur FPS tersebut.

Terlepas dari spesifikasi yang dimiliki oleh sebuah perangkat yang digunakan apabila perangkat yang kalian gunakan memiliki spesifikasi yang cocok untuk bermain game dengan FPS tinggi maka permainan akan menjadi lebih realistik seperti mendekati kehidupan nyata.

Namun apabila perangkat yang anda miliki tidak memenuhi kriteria dari spesifikasi yang direkomendasikan oleh pihak developer video game maka jangan harap anda bisa menikmati video game dengan FPS tinggi.

Dan tentu juga dibarengi dengan dukungan dari layar monitor yang mendukung sesuai FPS yang didapatkan dari video game.

Jadi apabila layar monitor dari sebuah perangkat memiliki layar dengan resolusi gambar sebesar 120Hz maka layar dari perangkat monitor tersebut bisa memainkan game antara 60-120fps.

Namun apabila layar monitor anda hanya mendukung resolusi gambar sebesar 60hz jangan harap anda bisa memainkan video game fps dengan resolusi tinggi mencapai 120fps dan tentu saja dibarengi dengan komputer dengan spesifikasi gaming.

Kesimpulannya

Untuk bisa memainkan video game agar mendapatkan FPS dengan resolusi video yang tinggi berarti membutuhkan spesifikasi dari perangkat yang cocok dengan game yang direkomendasikan oleh pihak developer video game dan juga dibarengin dengan dukungan layar dari perangkat yang mendukung jumlah fps dalam sebuah video game.

Namun apabila spesifikasi dari kedua perangkat yakni antara monitor dan perangkat itu sendiri tidak seimbang. 

Seperti monitornya masih monitor standar dengan satuan hz yang rendah sedangkan perangkatnya memiliki spesifikasi yang sudah mendukung video game dengan fps tinggi dan tentu saja akan menjadi sangat kurang relevan karena kedua perangkat ini tidak seimbang. 

Seperti monitor sudah mendukung refresh rate hingga 120 hz untuk menampilkan video hingga 120 fps namun jika PC anda masih menggunakan spesifikasi standar tentu saja monitor anda tidak akan mengeluarkan performa terbaiknya.

Untuk itu keduanya harus berjalan seimbang seperti 'Yin & Yang' yang merupakan filosofi yang dipakai Bruce Lee untuk diterapkan kedalam jurus yang ia ciptakan sehingga jadilah superhero '𝗞𝗮𝗺𝗲𝗻 𝗥𝘆𝗱𝗲𝗿'. 

Cukup sekian dulu semoga lewat artikel ini kalian paham akan pentingnya peran FPS terhadap sebuah game untuk meningkatkan kualitas gambar yang dihasilkan dalam frame perdetik. 
erwin.robertz Jungle Juices Jungle Juice.

0 Response to "Apa itu FPS dan seberapa besar pengaruhnya dalam sebuah video game? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel