Yang membedakan antara CPU, APU dan GPU?

π—˜π—₯π—ͺπ—œπ—‘π——π—₯π—’π—œπ——.𝗰𝗼𝗺 Perkembangan teknologi prosesor dari generasi ke generasi sangat menarik untuk dipelajari. Yap, seperti yang kita tahu cara kerja prosesor sendiri yaitu sebagai IC (Intergrated Circuit) yang menjadi pusat atau otak dibalik berjalannya semua komponen hardware (perangkat keras) yang ada pada komputer dan cara kerja processor sendiri yaitu dengan mengandalkan. 

  • ‌Aritmatical Logical Unit (ALU) untuk melakukan proses perhitungan aritmatika (Matematika) menggunakan logika sesuai dengan instruksi program yang dikerjakan.
  • Control Unit (CU) sebagai pengatur lalu lintas agar instruksi tersampaikan dengan baik.
  • Memori Unit (MU) Sebagai memori untuk  menampung instruksi yang ada pada prosessor untuk didistribusikan ke semua komponen perangkat keras yang terhubung ke papan induk (motherboard).
Dan seiring dengan perkembangan jaman, jenis-jenis prosesor dibagi lagi menjadi tiga yaitu CPU, APU dan juga GPU, untuk itu mari kita simak ketiga jenis prosesor yang kami rangkum sebagai berikut.

CPU
Central Procesing Unit atau disingkat dengan CPU adalah jenis processor yang mengendalikan semua komponen (hardware) yang terhubung ke papan induk (motherboard) dari sebuah komputer atau bahasa sederhananya yaitu 'otak dari  komputer' yang mengendalikan semua perangkat keras yang terhubung ke papan induk komputer.

CPU pertama kali diperkenalkan oleh intel pada tahun 1970-an. Intel merilis CPU pertama di dunia dengan diberi kode C4004 yang memiliki 2300 transistor dan bisa memproses data hingga 60.000 perdetik.

Seiring dengan perkembangan dijaman yang serba canggih ini kedua produsen baik dari intel maupun AMD bersaing dengan menghadirkan CPU paling kencang di dunia.

intel sendiri telah merilis processor gen-10 atau disebut 'comet lake' dengan arsitektur proses fabrikasi 14nm.

APU. 
Accelerated Processing Unit atau disingkat dengan APU merupakan jenis processor yang memiliki GPU (Graphic Processing Unit) yang terintergrasi didalamnya.

APU merupakan jenis processor yang memiliki CPU sekaligus GPU yang mampu menjalankan dua pekerjaan sekaligus (multitasking) tanpa VGA Card (Video Graphic Adapter) tambahan yakni dengan cara mengambil sebagian memori yang ada pada RAM (Random Acces Memory) untuk menambah VRAM (Video-Random Acces Memory) yang terintergrasi dengan APU.

Jenis processor ini merupakan jenis processor terbaru yang dikembangkan dan diperkenalkan oleh AMD pada tahun 2011.

AMD berhasil mengkombinasikan antara CPU dan grafis sebagai pengelola gambar menjadi sebuah chip kecil dengan konsumsi daya rendah dengan arsitektur dan fabrikasi yang sama.

Untuk APU terbaru yang dirilis AMD adalah AMD Series 4000. APU dengan code name 'Renoir' menggunakan arsitektur Zen 2 dengan fabrikasi 7nm dari TSMC.

GPU
Graphic Processing Unit atau disebut GPU adalah sebuah perangkat pengelola grafis yang memiliki processor yang mampu meningkatkan kualitas gambar atau video menjadi jernih dan lebih detail yang ditampilkan ke layar monitor.

GPU dibagi lagi menjadi dua, yaitu GPU yang terintergrasi dengan CPU atau disebut APU yang sudah kita bahas di poin kedua tentang APU diatas.

Dan kemudian ada juga GPU diskrit atau biasa disebut dengan VGA card, merupakan kartu grafis terpisah yang memiliki slot khusus di motherboard.

VGA Card pertama kali dikembangkan oleh NVDIA yaitu Geforces 256 pada tahun 1999.

erwin.robertz Jungle Juices Jungle Juice.

0 Response to "Yang membedakan antara CPU, APU dan GPU?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel