Mengenal 10 antarmuka pengguna smartphone terbaik saat ini berserta kelebihannya....

π—˜π—₯π—ͺπ—œπ—‘π——π—₯π—’π—œπ——.𝗰𝗼𝗺 Sistem operasi saat ini menjadi bagian terpenting dalam sebuah smartphone meskipun perangkat tersebut memiliki komponen spesifikasi yang sangat mumpuni tanpa adanya sistem operasi tentu akan menjadi kesia-siaan

Nah kali ini kita akan membahas 10 tampilan antarmuka atau yang dikenal dengan User Interface dan disingkat dengan UI menjadi ciri khas sistem operasi setiap smartphone dengan beragam fitur uniknya.

Sistem operasi milik google yaitu android merupakan sistem operasi berbasis open source atau bersifat terbuka tentunya siapapun bebas mengkustomisasi sistem operasi android dan mematuhi ketentuan serta syarat yang berlaku dari pihak Google sendiri.

Maka tak heran dengan sistem operasi android yang bersifat terbuka ada begitu banyak vendor smartphone android  yang menjadikan android sebagai sistem operasi bawaan ponselnya.

Sebut saja Samsung, Xiaomi, Huawei, Oppo dan masih banyak lagi brand smartphone yang menggunakan android bikinan Google.

Menggunakan android sebagai sistem operasi bawaan tentu para vendor maupun pengguna android bisa mengkustomisasi dengan bebas karena android sendiri bersifat open source. 

Dengan menggunakan sistem operasi android milik Google membuat user interfaces ciri khas dari setiap brand smartphone bisa melejit hingga sukses di industri pasaran smartphone dan menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap konsumennya.

Terkecuali Apple menggunakan sistem operasi Macintosh dan dibalut dengan tampilan antarmuka iOS yang menjadikannya sebagai pesaing Android milik Google hingga saat ini.

Sistem operasi milik Apple tidak bersifat terbuka atau berdiri sendiri (stand alone) dan hanya dirancang khusus untuk perangkat iPhone milik Apple saja.

Berikut 10 user interfaces dari setiap brand smartphone android terbaik yang perlu kalian ketahui.

One UI
OneUI merupakan tampilan antarmuka pengguna (UI) terbaru smartphone samsung menggantikan Touchwiz yang menjadi andalan user interfaces smartphone samsung sebelumnya.

Tampilan antarmuka terbaru milik samsung selain memiliki beragam fitur, tampak desain tampilannya begitu rapi dan bersih terutama di bagian menu bar terlihat ikonnya tersusun rapi dan elegan.

UI terbaru samsung tentunya memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh UI smartphone lain dengan hadirnya android 10, interfaces milik samsung juga turut diperbaharui menjadi versi UI 2.0.

Fitur andalan samsung yang menjadi ciri khas tersendiri adalah  fitur yang memudahkan pengguna untuk membuat tampilan antarmuka menjadi sebagian, tujuannya agar pengguna mampu menjangkau menu yang berada dilayar smartphone yang semakin luas dengan cara memperkecil tampilan antarmuka.

Google Experience
Meskipun Google adalah pembuat android rupanya Google juga tak ingin ketinggalan dengan persaingan smartphone android saat ini, Google menghadirkan Google experience yang menggunakan android juga sebagai sistem operasi bawaans dan dirancang khusus untuk smartphone google yakni Google Pixel. 

Kelebihan dari UI ini adalah pengoperasian yang begitu ringan, smooth dan penghematan bateray yang sangat irit.

MIUI
UI yang satu ini disebut-sebut sebagai apple-nya android, Xiaomi vendor smartphone yang menghadirkan MIUI kini telah merilis versi terbaru menjadi MIUI 12.

Disini kita bisa melihat MIUI 12 sedikit mirip dengan iOS milik apple, Dirilisnya Android 10 membuat Xiaomi memperbaharui UI terbaru mereka yakni MIUI 12.

MIUI 12 lebih fokus pada animasi dan tampilan yang lebih masa kini dan disebut mengikuti tren dari iOS 11 terbaru milik apple.

EMUI
EMUI adalah antarmuka pengguna milik brand smartphone Huawei, Huawei terkenal dengan processor buatan sendiri yakni processor kirin yang menjadi saingan kuat dari Snapdragon saat ini.

Karena Huawei memiliki kirin wajar saja UI milik Huawei memiliki fitur yang tak dimiliki brand smartphone lain.

Berkat processor kirin dengan mengaktifkan fitur mode gaming mampu meningkatkan perfoma gaming jadi lebih kencang tak hanya itu fitur ini juga mampu meningkatkan grafis pada sebuah game menjadi lebih jernih serta dukungan jaringan jadi lebih cepat.

OxygenOS
OxygenOS adalah UI yang dibuat OnePlus dengan menggunakan android sebagai sistem operasi bawaan.

Sama seperti Google pixel experience, keunggulan UI ini adalah pengeprasiannya yang begitu halus dan lebih cepat.

ColorOS
ColorOS yang merupakan UI milik Oppo yang dulunya dikenal dengan pengoperasiannya yang begitu berat kini telah terjawab sudah.
oppo menghadirkan fitur oFas, oMem dan oSense untuk meningkatkan kinerja yang lebih powerfull.

oFas sendiri berfungsi untuk menghapus cache yang ada pada sebuah aplikasi sehingga saat membuka kembali menjalankan sebuah aplikasi akan semakin lebih cepat.

oMem sendiri mampu menghemat RAM hingga 30% sehingga pengoperasian UI ini tidak terasa berat lagi.

oSense berfungsi untuk mengoptimalkan respon touchscreen saat sedang bermain game dan dapat juga meningkatkan frame hingga 38%.

FuntouchOS
FuntouchOS sama seperti xiaomi yang juga memiliki tampilan serupa dengan antarmuka iOS milik apple, namun yang berbeda dari antarmuka ini yakni panel yang bisa di swipe up dari bawah.

UI milik Vivo ini juga mampu menghemat bateray yang lebih efesien dibanding UI smartphone lainnya.

ZenUI
ZenUI adalah UI milik Smartphone ASUS, ada banyak fitur canggih yang dimiliki UI tersebut salah satunya adalah fitur ASUS Truvivid.

Fitur ini mampu memperjelas gambar yang ditampilkan pada layar smartphone yang sangat tajam dan begitu jernih.

Android one
Android one adalah versi android tanpa modifikasi atau lebih tepatnya android pure (murni) yang dihadirkan Google.

Salah satu fitur unggulan dari android one sendiri adalah dari segi keamanan yang mendapatkan pembaharuan keamanan langsung dari Google secara berkala bertujuan untuk melindungi privasi pengguna. 

Itu tadi keunggulan masing-masing UI atau antarmuka pengguna yang dimiliki setiap brand smartphone.

Penulis.
erwin.robertz Jungle Juices Jungle Juice.

0 Response to "Mengenal 10 antarmuka pengguna smartphone terbaik saat ini berserta kelebihannya.... "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel