Perbedaan antara HDD dan SSD yang perlu anda ketahui?

             

π—˜π—₯π—ͺπ—œπ—‘π——π—₯π—’π—œπ——.𝗰𝗼𝗺 Hay Guys! Dalam pembahasan kali kita akan membahas perbedaan lebih spesifik dari kedua media penyimpanan HDD dan SSD. 

Sebelum kita membahas lebih lanjut perlu kalian ketahui HDD kepanjangan dari 'Hard disk Drive' sedangkan SSD kepanjangan dari 'Solid State Drive'. 

Hard disk drive atau HDD adalah sebuah memori penyimpanan berkapasitas besar untuk menyimpan dan mentransfer kembali data dari sebuah komputer. 

Memori penyimpanan HDD memiliki ukuran fisik lebih tebal ketimbang SSD dan memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dari SSD dan harganya sangat terjangkau. 

HDD memiliki piringan cakram padat metal atau disebut 'magnetic platters' dengan menggunakan magnet sebagai media penyimpanannya. 

Cara kerja media penyimpanan HDD sendiri mirip seperti sebuah vinyl yang menggerakkan sebuah piringan hitam agar bisa membaca (read) dan menulis (write) kembali data yang dihasilkan. 

Dan perlu kalian ketahui, kecepatan transfer data yang diperoleh dari perputaran piringan untuk standar ukuran HDD terbaru saat ini bisa melaju hingga 7200RPM (rotasi permenit) atau setara 80-160MB/detik.

Dan pada hard disk juga ditambahkan cache yang membantu kinerja hard disk jadi lebih efisien. Cache yang ada pada hard disk adalah semacam memori penyimpanan sementara atau bisa dibilang RAM kecilnya hard disk. 

Dengan adanya tambahan cache pada sebuah hard disk maka data yang disimpan sementara dalam sebuah hard disk akan lebih cepat dibaca dan dikenali oleh hard disk karena memiliki ruang khusus penyimpanan cache cuman sebesar 8-64MB.

Sedangkan untuk Solid State Drive atau disebut juga SSD juga sama seperti hard disk drive sebagai media penyimpanan namun memiliki kapasitas yang penyimpanan lebih kecil ketimbang HDD. 

Walaupun kapasitas penyimpanan SSD jauh lebih kecil dari HDD tapi kecepatan transfer data jauh lebih cepat dari HDD dan harganya 3x lipat lebih mahal dari HDD dipasaran. 

Bentuk fisik yang ada pada SSD sangat jauh berbeda dengan bentuk fisik yang pada hard disk yang mengandalkan piringan cakram untuk melakukan transfer data. 

SSD tidak menggunakan magnet seperti HDD sebagai media penyimpanan data melainkan mengandalkan semikonduktor.

Cara kerja SSD mirip seperti RAM yang penyimpanannya bersifat sementara, mempercepat pengoprasian komputer dan hanya bisa menyimpan data sementara. 

Berbeda dengan SSD selain kinerja yang cepat atau kecepatannya hampir setara dengan memori RAM, di satu sisi juga SSD bisa berfungsi layaknya harddisk untuk menyimpan data dan bisa dihapus kapan saja. 

Dilansir dari halaman tekhattan.com, kecepatan transfer data untuk standar SSD saat ini bisa mencapai 200-500 Megabyte/detik paling tinggi. 

Namun untuk jaman sekarang kedua media penyimpanan ini tak jarang dipakai secara bersamaan untuk kebutuhan komputer gaming misalnya.

SSD digunakan sebagai media penyimpanan sistem agar proses booting serta menjalankan aplikasi jadi lebih cepat dan tidak terhambat sedangkan HDD digunakan hanya untuk menyimpan data dari sebuah game agar bisa diakses dan tidak memberatkan beban pada satu media penyimpanan saja. 


Kesimpulan

Jadi kesimpulannya jika menggunakan kedua media penyimpanan ini secara bersamaan pada komputer akan jauh lebih bagus, pengoperasian komputer akan jadi lebih cepat dari sebelumnya yang hanya mengandalkan satu jenis media penyimpanan saja. 

Artinya media penyimpanan ini bisa saling menutup kekurangan dengan kelebihan dari kedua media penyimpanan masing-masing. 

erwin.robertz Jungle Juices Jungle Juice.

0 Response to "Perbedaan antara HDD dan SSD yang perlu anda ketahui? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel